Yuk, Simak Cara Mengatasi Bekas Jerawat Merah

Wajah yang penuh jerawat, terkadang membuat kita merasa minder. Apabila penanganannya tidak tepat maka akan meninggalkan bekas yang cukup mengganggu. Lalu bagaimanakah cara mengatasi bekas jerawat merah pada wajah? Meskipun jerawat bukanlah kondisi yang berbahaya, jerawat dapat menyebabkan jaringan parut pada kulit.

Bekas jerawat merah biasanya disebabkan oleh adanya peradangan sehingga mengakibatkan pembuluh darah melebar. Sebenarnya, hal ini merupakan kondisi normal yang akan hilang dengan sendirinya seiring membaiknya  respon peradangan.

Namun, pembuluh yang melebar terkadang tidak hilang ketika respon inflamasi mereda, sehingga mengakibatkan daerah di sekitar jerawat menjadi merah.

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini untuk mempelajari cara mengatasi bekas jerawat merah.

Cara Mengatasi Bekas Jerawat Merah Secara Alami

1. Gunakan Tomat

Tomat adalah sumber yang sangat kaya vitamin A, terutama dengan merangsang produksi kolagen, menyembuhkan kulit dari bekas jerawat merah. Cara menggunakan tomat untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan mengiris tomat tipis-tipis dan menempelkannya pada wajah yang berjerawat. Lakukan cara ini minimal 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

2. Pemakaian Minyak Zaitun

Minyak zaitun bermanfaat dalam melembabkan dan melembutkan jaringan kulit sehingga dapat mengurangi tampilan bekas jerawat yang terlihat jelas. Cara pakai untuk hasil yang maksimal, cukup mengoleskan minyak zaitun pada wajah sebelum tidur dan di pagi hari.

3. Penggunaan Madu

Madu merupakan zat antibakteri yang memiliki kemampuan untuk melembutkan kulit. Ingatlah bahwa madu yang digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah madu mentah, bukan madu olahan pabrik.

Cara pakai, oleskan madu pada wajah dan pijat dengan lembut. Untuk hasil yang lebih nyata, Anda juga bisa mencampurkan sekitar satu sendok teh bubuk kayu manis sebelum dioleskan ke wajah.

Perawatan Bekas Jerawat oleh Ahli Dermatologi

Jika bekas jerawat sulit memudar atau ingin mempercepat proses penyembuhan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan di bawah pengawasan dokter atau ahli dermatologi.

Biasanya perawatan ini bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat baik yang berwarna merah atau hitam. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

  • Dermabrasi, untuk mengganti kulit luar wajah dengan lapisan baru.
  • Chemical peeling, untuk menghilangkan lapisan atas kulit.
  • Microneedling untuk membantu mengurangi kedalaman bekas jerawat.
  • Laser fraksional, berfungsi merangsang pertumbuhan kolagen dan mengencangkan kulit.
  • Laser resurfacing, untuk menghilangkan lapisan atas kulit yang rusak sehingga kulit baru dapat tumbuh secara merata.
  • Dermal filler, untuk mengisi jaringan kulit yang bopeng dengan produk yang mengandung kolagen.

Sebagian besar perawatan di atas telah terbukti mengurangi ukuran dan menghilangkan bekas jerawat. Kondisi kulit yang dirawat seringkali menjadi hampir tidak terlihat.

Namun perlu diingat, bahwa setiap orang mungkin memiliki hasil yang berbeda, tergantung pada perawatan dokter atau dokter kulit dan seberapa rutin perawatannya.