TIPS MEMBELI RUMAH BARU AGAR TAK MENYESAL di KEMUDIAN HARI

Rumah merupakan salah satu kebutuhan utama yang harus Anda miliki. Namun dengan harga rumah yang sangat mahal membuat banyak orang harus mempertimbangkan banyak hal untuk memiliki sebuah rumah. Oleh karena itu, mengetahui tips untuk membeli rumah sangat penting terutama bagi yang baru pertama kali melakukannya.

Membeli rumah baru membutuhkan strategi atau pertimbangan yang matang. Hal ini untuk menghindari penyesalan di kemudian hari. Belum lagi berbagai metode pembayaran yang berbeda dalam transaksi jual beli rumah, baik tunai maupun kredit.

Setiap tahunnya, harga rumah terus melonjak naik bahkan di masa pandemi. Oleh sebab itu, Anda harus sudah memiliki gambaran rumah seperti apa yang akan dibeli. Berikut dijelaskan beberapa tips membeli rumah baru maupun bekas yang patut Anda coba.

Tips Membeli Rumah Baru

Bagi Anda yang mempunyai cukup dana, sebaiknya Anda memilih untuk membeli rumah baru daripada bekas. Karena dengan membeli rumah baru, Anda tidak perlu lagi memikirkan biaya lebih untuk melakukan perbaikan.

 Berikut tips yang bisa Anda pertimbangkan dalam membeli rumah baru.

1.   Memperhatikan kebutuhan

Tips pertama yaitu memperhatikan kebutuhan diri sendiri dan keluarga. Anda harus tahu apa yang diperlukan dari sebuah tempat tinggal. Anda bisa berdiskusi dengan keluarga mengenai beberapa hal seperti jumlah kamar yang dibutuhkan, perlu tidaknya garasi maupun gudang, bahkan rencana renovasi di masa yang akan datang.

Jika Anda sudah berdiskusi dan memutuskan kebutuhan yang Anda inginkan dari sebuah rumah, Anda bisa langsung mencari rumah yang sesuai. Selain itu, dengan catatan-catatan tersebut membuat Anda lebih mudah menyortir rumah yang akan dibeli.

2.   Mempertimbangkan untuk memakai jasa agen properti

Mencari rumah yang sesuai kebutuhan dapat Anda lakukan sendiri. Mulai dari penyortiran rumah sampai survei lokasi rumah harus dilakukan sendiri. Itu semua membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Anda harus mempunyai waktu yang sangat luang untuk melakukan itu semua.

Bagi Anda yang tidak mempunyai cukup waktu untuk mencari rumah sendiri, Anda bisa menggunakan jasa agen properti. Namun Anda harus menyiapkan sedikit dana untuk membayar komisi dari agen properti tersebut.

Dalam mencari rumah, Anda juga dapat memanfaatkan website yang menyediakan informasi tentang properti. Anda yang sedang mencari rumah yang berlokasi di daerah Jakarta Timur misalnya, bisa langsung mencarinya melalui website properti. Anda bisa memasukkan keyword jual rumah Jakarta Timur butuh uang misalnya. Nanti akan muncul banyak pilihan rumah yang bisa Anda pilih.

Anda dapat secara leluasa mencari dan membandingkan harga-harga rumah. Anda juga bisa langsung menghubungi pemilik rumah dari iklan yang ada pada website properti tersebut. Hal itu juga bisa mengurangi biaya karena Anda tidak perlu membayar komisi bagi perantara.

3.   Melihat lokasi rumah dan kemudahan akses lokasi

Dalam mencari rumah, Anda tidak bisa lepas dari pertimbangan berupa lokasi rumah. Lokasi rumah akan menentukan harga yang harus Anda bayarkan untuk membeli rumah tersebut. Harga rumah yang berlokasi di pusat kota bisa dipastikan lebih mahal daripada rumah yang berlokasi di pinggiran kota.

Sebagian besar pekerja terutama pekerja kantoran menghabiskan waktunya di kantor yang lokasinya di pusat kota. Lokasi rumah di pusat kota tentu saja memudahkan penghuninya untuk bepergian kemanapun. Penghuninya akan lebih mudah untuk mengakses ke tempat-tempat umum seperti kantor, supermarket, dan masih banyak lagi lainnya.

Lain halnya dengan rumah di pinggiran kota, Anda harus menghabiskan waktu di perjalanan untuk dapat mencapai pusat kota. untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih lokasi rumah yang dengan dengan fasilitas transportasi umum. Contohnya saja membeli rumah di daerah yang dekat dengan halte, terminal, maupun stasiun kereta api.

4.   Memperhatikan lingkungan sekitar rumah

Tips yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli rumah terutama daerah Jakarta yaitu kondisi lingkungan sekitar. Sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu bahwa lokasi tersebut bukanlah lokasi rawan banjir. Mengingat bahwa daerah di Jakarta sebagian besar merupakan daerah rawan banjir.

Jika lingkungan rumah baru yang Anda tempati adalah lokasi rawan banjir, tentu saja hal ini bisa merepotkan Anda setiap musim hujan tiba. Saat banjir datang, Anda harus menyelamatkan barang-barang yang ada di rumah atau bahkan harus mengungsi.

Selain itu, pastikan juga bahwa lingkungan rumah yang akan Anda beli adalah lingkungan yang aman. Tidak hanya aman dari kasus-kasus pencurian dan perampokan, melainkan juga aman dari tawuran antar warga yang sering terjadi di daerah Jakarta.

Lingkungan sekitar rumah juga harus dapat menunjang kesehatan Anda beserta keluarga. Usahakan untuk memilih lingkungan rumah yang terjaga kebersihanya. Selain itu, Anda juga harus memilih rumah yang berlokasi jauh dari pemukiman kumuh.

5.   Mempertimbangkan harga rumah dan cara pembeliannya

Membeli rumah dengan harga yang sesuai dengan dana yang dimiliki adalah tips selanjutnya. Jika Anda sudah mempunyai daftar rumah beserta lokasinya, Anda bisa langsung melakukan survei. Selain untuk bisa memastikan kenyamanan dari rumah yang ingin dibeli, Anda juga bisa membandingkan harga rumah yang sesuai dengan kantong Anda.

Skema pembelian rumah juga harus Anda pikirkan. Jika dirasa dana yang Anda miliki tidak bisa untuk membeli rumah secara tunai, Anda bisa mempertimbangkan untuk membayarnya secara kredit. Namun harus Anda ketahui bahwa membeli barang maupun rumah dengan kredit, harganya akan jauh lebih tinggi dari harga beli tunai.