Mengulas Tentang Mitos Nanas Sebagai Penyebab Keguguran

Buah nanas mempunyai rasa yang unik dan segar apabila dikonsumsi. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, buah ini juga bisa digunakan sebagai bahan untuk jus segar, nasi goreng nanas, minuman seperti coktail, dan berbagai olahan lainnya. Selain terkenal dengan rasanya yang manis dan khas, buah ini juga dikenal dengan mitos yang menyelubunginya. Salah satu yang terkenal adalah nanas yang dapat menyebabkan keguguran, sehingga ibu hamil disarankan untuk menghindari mengonsumsi buah ini. Benarkah mitos tersebut? simak faktanya di bawah ini.

Manfaat Nanas Untuk Ibu Hamil

Sama seperti buah, sayur, dan juga bahan lainnya yang mempunyai manfaat dan efek samping yang dirasakan. Nanas juga bisa memberikan manfaat yang didapatkan apabila dikonsumsi dengan tepat termasuk untuk ibu hamil. Sehingga ibu hamil jangan takut dan parno terlebih dahulu dengan buah ini, karena nanas juga memberikan manfaat yang banyak ketika dikonsumsi saat hamil. Beberapa manfaat kesehatan yang bisa dirasakan oleh ibu hamil dari mengonsumsi nanas adalah:

  • Nanas dapat membantu proses persalinan lebih lancar. Nanas mempunyai kandungan enzim bromelain yang dapat membuat gatal lidah dan sekitar mulut apabila dikonsumsi secara berlebihan. Enzim tersebut juga memberikan manfaat terbaik untuk melunakkan leher rahim dan memicu kontraksi. Sehingga dengan mengonsumsi nanas akan membantu untuk membuat proses persalinan berjalan lancar.
  • Manfaat kedua dari nanas untuk ibu hamil dapat untuk meredakan rasa cemas yang dirasakan. Saat hamil wanita juga akan mengalami perubahan hormon yang membuatnya lebih mudah cemas, utamanya saat dekat menjelang kelahiran. Untuk meredakan hal tersebut, ibu hamil bisa mengonsumsi nanas yang mempunyai kandungan vitamin dan flavonoid. Kandungan tersebut memberikan efek ansiolitik yang dapat meredakan kecemasan.
  • Nanas juga dapat mempercantik kulit saat kehamilan. Buah ini mempunyai kandungan 79 mg vitamin C yang dapat memproduksi collagen dalam jumlah tinggi, sehingga hal tersebut akan membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.
  • Nanas bisa dijadikan sebagai sumber nutrisi yang baik saat kehamilan karena mengandung folat, zat besi, magnesium, mangan, dan vitamin B6.

Bahaya Mengonsumsi Nanas Berlebihan Saat Hamil

Walaupun memberikan banyak manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan bagi ibu hamil seperti yang telah dijelaskan di atas. Akan tetapi pastikan untuk mengonsumsi buah ini secara bijak dan tidak berlebihan. Seperti pada mitosnya yang banyak diketahui, nanas juga mempunyai efek buruk yang bisa disarankan ibu hamil bahkan bisa menyebabkan keguguran. Bahaya mengonsumsi nanas berlebihan bagi ibu hamil yaitu:

  • Efek buruk pertama adalah bisa menyebabkan keguguran dan lahir prematur. Efek bromelain dapat menyebabkan kontraksi, sehingga ketika mengonsumsinya secara berlebihan akan membuat diare, bayi lahir prematur, hingga menyebabkan keguguran. Sehingga hindari makan nanas berlebihan utamanya di awal kehamilan.
  • Nanas juga dapat berdampak buruk pada kulit bayi. Nanas yang disajikan panas dapat mengeluarkan zat beracun yang menyebabkan masalah pada kulit bayi.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ibu hamil tidak perlu untuk menjauhi atau takut makan nanas. Tetapi kesadaran juga perlu diutamakan untuk tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan karena juga memberikan efek bahaya yang dapat dihindari apabila mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak banyak. Untuk mendapatkan manfaat nanas, ibu hamil dapat membelinya di TaniHub yang dijamin segar dan tidak perlu repot karena bisa membelinya dengan mudah secara online. Sehingga hal tersebut akan membantu ibu hamil karena tidak perlu keluar rumah ketika menginginkan buah nanas untuk dikonsumsi.