Investasi Lewat Deposito Syariah Dengan Bukopin Syariah

Apakah Anda salah satu orang yang ingin melakukan investasi tapi takut dengan resiko investasi yang besar? Jika iya, maka hal tersebut mungkin saja wajar apalagi Anda yang merupakan investor pemula. Alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan memilih investasi jenis deposito. Namun bagi Anda umat muslim, maka bisa memilih deposito syariah. Di mana tabungan deposito ini menggunakan akad sesuai dengan syarat dan ketentuan hukum syariah Islam.

 

Mengenal Deposito Syariah

Adapun Deposito Syariah merupakan tabungan berjangka yang dikeluarkan oleh pihak perbankan syariah dan menjadi instrumen investasi dengan tingkat resiko yang kecil. Prinsip investasi syariah ini menggunakan akad mudharabah. Akad mudharabah sendiri menggunakan prinsip perjanjian kerjasama antara dua atau lebih pihak, dimana pemilik modal mempercayakan dagangannya kepada pengelola yang dipilih untuk perjanjian kerjasama.

 

Perjanjian ini lebih menegaskan kerjasama dengan kontribusi 100% modal dari pemilik modal dan keahlian dari pengelola yang dipilih sebelumnya. Investasi dengan deposito syariah, juga sudah diatur secara resmi desa dan diawasi oleh dewan Syariah nasional yaitu DSN MUI. Perlu diketahui untuk simulasi deposito syariah  diri menggunakan rumus umum : nominal seluruh deposito x persentase bagi hasil x keuntungan bank pada bulan tersebut.

 

Deposito Syariah Dari Bank Bukopin Syariah

Salah satu lembaga perbankan yang memiliki layanan deposito syariah adalah Bank Bukopin Syariah dengan jenis simpanan Deposito iB. Dimana deposito iB ini, merupakan simpanan yang menggunakan mata uang rupiah, untuk penarikan dananya sendiri bisa dilakukan pada waktu tertentu yang sudah disepakati lewat perjanjian antara nasabah dan pihak bank.

 

Akad yang digunakan merupakan akad mudharabah mutlaqa, Anda akan diberikan kuasa penuh oleh bank untuk menggunakan dana tanpa larangan atau batasan dan bank wajib memberi tahu kepada nasabah mengenai imbal hasil keuntungan yang diperoleh. Kemudian Anda juga akan diberitahu terhadap resiko yang akan timbul serta ketentuan penarikan dana setelah akad.

 

Bank Bukopin Syariah menjamin dana Anda akan aman. Untuk imbal bagi hasilnya, terbilang kompetitif berdasarkan nisbah yang sudah disepakati. Dana yang Anda setorkan bisa menjadi jaminan pembiayaan dengan fasilitas automatic roll over, yang mana setoran deposito Anda bisa diperpanjang secara otomatis dan bagi hasil bisa diambil tunai, transfer atau pemindahan bukukan.

 

Adapun fitur-fitur yang tersedia dari produk Deposito iB ini adalah nominal minimum deposito harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk jangka waktu tabungan deposito bisa beragam jenis, sesuai dengan kebutuhan mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan. Ketentuan tabungan ini tidak bisa dipindahtangankan.

 

Syarat Dan Ketentuan Deposito iB Bukopin Syariah

Berikut beberapa syarat dan ketentuan yang perlu diketahui tentang Deposito iB Bukopin Syariah.

  • Diperuntukkan bagi perorangan dan badan usaha
  • Anda wajib mengisi aplikasi pembukaan rekening Deposito iB.
  • Anda wajib menyerahkan fotokopi kartu identitas diri, khusus untuk badan hukum maka wajib menyertakan fotokopi dokumen terkait identitas usaha.
  • Minimal penyetoran yaitu 1 juta.
  • Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi bulanan dan untuk pajak bagi hasil sebesar 20%.
  • Untuk Anda yang ingin mencairkan dana sebelum jatuh tempo tentu saja akan dikenakan denda atau penalti dengan besaran yang berbeda.

 

Kini tentu Anda sudah tahu apa itu deposito syariah dan melakukan simulasi deposito syariah lewat Deposito iB Bukopin Syariah. Bank Bukopin Syariah juga memiliki banyak pilihan layanan pembiayaan lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, salah satunya yaitu tabungan qurban, tabungan haji, tabungan pendidikan dan masih banyak lagi. Informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi kbbukopinsyariah.com.