Apa itu Root Blower? Berikut Pengertian, Fungsi serta Cara Memilih Root Blower Tepat Sesuai Kebutuhan

Bagi anda para pekerja industri, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya root blower. Alat ini merupakan alat pemompa udara yang sering dipakai dalam membantu meringankan pekerjaan pada suatu industri atau pekerjaan lain.

Lantas, bagi anda yang belum mengenal apa itu roots blower, apa saja fungsinya serta bagaimana cara memilihnya supaya tepat sesuai dengan kebutuhan, maka dengan membaca artikel ini merupakan solusinya.

Berikut akan dijelaskan secara rinci dan gamblang megenai pengertian, fungi serta cara memilih root blower yang tepat bagi anda.

Root Blower

Root blower  sebuah alat pemompa serta pemindah udara dari satu ruangan ke ruangan lain. Selain itu, alat ini juga sering disebut sebagai alat pengompresan udara. Proses pengomrpesan udara tersebut terjadi pada ruangan yang memiliki tekanan udara tinggi dan rendah.

Dalam sistem kerjanya, root blower ini memanfaatkan pergerakan molekul sebuah zat yang terdapat pada alatnya. Berhubungan dengan hal ini, maka akan terjadi perpindahan udara dari satu tempat ke tempat lainnya. Hal itulah yang disebut dengan prinsip displacement compression.

Apa saja fungsi dari Root Blower?

Dengan mengetahui berbagai fungsi dari root blower, maka akan lebih mudah bagi anda menentukan blower mana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Sebagai pemasok oksigen

Fungsi pertama dari root blower adalah sebagai alat bantu pemasok oksigen. Hal ini dapat diterapkan dalam budidaya perairan yang sering disebut dengan root blower for aquaculture.

Berbagai usaha yang termasuk dalam budidaya perairan ini adalah usaha yang menjadikan air sebagai bahan utama yang tidak dapat ditiadakan keberadaanya. Sebagai contohnya adalah budidaya ikan, udang, rumput laut, dan budidaya hewan serta tumbuhan air lainnya.

1. Sebagai alat pemfilter air

Fungsi selanjutnya adalah sebagai alat pemfilter air. Disini root blower akan menyaring air hingga benda yang tererap airnya tersebut mengering. Dalam hal ini biasanya dilakukan pada pencucian sofa, springbed, dan lain sebagainya.

2. Sebagai alat penjernih air

Beda halnya dengan pemfilteran air. Dalam penjernihan air ini, root blower akan mengangkat pasir atau tanah yang tercampur dengan air, sehingga air menjadi jernih. Hal ini biasa dilakukan dalam sebuah industri pengolahan air mineral.

3. Sebagai alat kompos

Dalam hal ini root blower akan membantu memfermentasi kotoran ternak hingga menjadi pupuk. Hal ini tentu sangat efektif dalam pengomposan, dikarenakan cara kerjanya yang tidak ribet.

4. Sebagai alat press printing

Dalam hal ini root blower akan bekerja sebagai alat untuk mengangkat sebuah produk dari mesin cetak. Setelah itu, alat ini juga akan memisahkan lembaran-lembaran kertas setelah melalui proses percetakan kemudian sekalian untuk merapikannya.

Setelah  mengetahui berbagai jenis dari root blower di atas, maka hal lain yang anda fikirkan tentu mengenai bagaimana cara memilihnya. Nah untuk memilih root blower ini, maka satu-satunya hal yang perlu anda perhatikan adalah mengenai tekanan serta kapasitas udara yang diperlukan.

Dengan begitu, root blower yang merupakan salah satu dari jenis positive displacement blower ini  akan sesuai dalam pengimplementasiannya. Sehingga root blower yang anda pilih mampu bekerja dengan optimal tanpa ada kekurangan atau kelebihan tekanan karena sudah sesuai dengan fungsi serta efisiensi dari user.

Nah, bagaimana, sudah mengerti bukan mengenai apa itu root blower? Jadi jika memang dalam kehidupan sehari-hari anda membutuhkannya, maka segera tentukan pilihan anda mulai dari sekarang.