Saat ini di Indonesia, Pembobolan Rekening Bank viaby way ofthrough mobilecellularcell banking menjadi viral diberbagai media khususnya internetweb. Jadi buat Anda para pengguna mobilecellularcell banking harus lebih hati-hati lagi dalam hal transaksi onlineon-line ataupun lainnya, karena para hacker ini membobol dari No Hp. Nah disini ada teknobgt.com jelaskan 3 cara agar mobilecellularcell banking aman dari tindakan kejahatan onlineon-line.

Seperti yang disarankan oleh pakar IT “Rudi Adianto”, kita diminta harus lebih hati-hati dalam menyebarkan nomer Hp pribadi yang mana dataknowledgeinformation itu kita gunakan juga sebagai nomer yang terdaftar di mobilecellularcell banking, toko onlineon-line/marketplacemarket ataupun di dompet digital. Jika dataknowledgeinformation atau no Hp tersebar dan para pelaku kejahatan onlineon-line dengan mudah menyebarkan linkhyperlink yang bisa mendapatkan kode akses menuju mobilecellularcell banking anda.

Cara yang mudah dan gampang agarmobile bankingaman dari serangan hacker adalah dengan cara membedakan No Hp yang digunakan untuk perbankan, Smartphone yang terbaru saat ini kan sudah memiliki fitur dualtwin sim card, nah ini anda bisa memanfaatkannya. 1 untuk perbankan dan 1 lagi untuk komunikasi seperti biasa yang bisa anda sebarkan. Seperti yang dilansir dari Wartawan CNBC, Rudi Adianti biasanya untuk menjaga privasi menggunakan 2 nomer Hp. Yang satu saya pakai untuk perbankan dan nomer tersebut tidak saya sebarluaskan. Dan satu lagi saya pakai untuk transaksi yang kecil-kecil seperti Gopay, OVO, dan lain-lain,”

OTP (One Time Password) ini pasti anda sudah tidak asing lagi, jika anda saat menggunakan internetweb atau mobilecellularcell banking, atau seperti akse akun Gojek, Gopay, Ovo, Dana dan akun dompet digital lainnya pasti akan mendapatkan password khusus ke nomer ponsel yang terdaftar. Nah disinilah kekita kita mudah menyebarkan no hp yang terdaftar, maka parahackerini bisa mengakses code OTP ini sehingga mampu membobol mobilecellularcell banking kita dan akun-akun lainnya. Rudi menjelaskan kalau pembobolan mobilecellularcell banking yang terjadi di Indonesia justru diakibatkan dari sisi pengguna yang mudah dimanipulasi. Sebab, sistem pada mobilecellularcell banking yang berpengalaman biasanya sudah bullet proof atau anti bobol.

“Ketika sisi teknis sudah bulletproof, maka sisi manusianya bisa jadi targetgoal. Dalam suatu sistem, mata rantai yang paling lemah adalah elemen manusianya dan yang paling mudah dimanipulasi,” kata Rudi

“Di Indonesia peretasan tidak sampai harus peretas punya skilltalentability teknikal tapi murni social engineering bagaimana menggunakan satu dan lain cara agar korban memberikan kode OTP,” lanjutnya.

3 Cara Aman Menggunakan Mobile Banking

Tidak hanya itu, Analisis Keamanan Siber Vaksin(dot)com, Alfons Tanujaya membagikan panduan simpel 3 cara mobilecellularcell banking aman dari serangan kejahatan onlineon-line yang saat ini beredar di indonesia :

1. Jangan sempat menjajaki perintah apapun semacam mengirimkan SMS, mengaktifkan fitur callname forwarding ataupun perihal lain yang tidak dikenal tujuannya.
2. Aktifkan serta perhatikan senantiasa notifikasi transaksi kartu kredit ataupun account bankfinancial institution, jika terdapat yang mencurigakan lekas mendatangi bankfinancial institution serta amankan dana kamu.
3. Tidak dianjurkan menaruh no kartu kredit di aplikasi yang memudahkan transaksi sebab bila account diambil alih hingga karti tersebut berpotensi disalahgunakan.

Tidak hanya itu, Direktur BCA, Santoso menghimbau kalau para nasabah jangan sempat membagikan dataknowledgeinformation perbankan kepada orang lain semacam no rekening, username id di mobilecellularcell banking, serta lain sebagainya.